kacang hijau
kacang hijau

Manfaat Mengesankan Kacang Hijau

Diposting pada

Manfaat kesehatan dari kacang hijau termasuk penurunan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar, serta regulasi diabetes yang membaik. Mereka memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda dan berkontribusi pada penghapusan radikal bebas yang berbahaya.

Kacang padat nutrisi ini juga memberi manfaat bagi kesehatan mata dan tulang Anda, sekaligus mengatur proses pencernaan Anda. Mereka juga telah terbukti mengurangi risiko cacat lahir bagi wanita hamil. Pilihan makanan rendah kalori ini sangat bagus untuk mendapatkan vitamin dan mineral tanpa menambahkan pound yang tidak diinginkan.

Apa itu Kacang Hijau?

kacang hijau
kacang hijau

Kacang hijau adalah anggota keluarga kacang yang umum, Phaseolus vulgaris, dan merupakan bagian yang populer dari makanan di seluruh dunia. Ada sedikit variasi dalam bentuk di berbagai area budidaya dan kacang hijau dapat disebut dengan nama yang berbeda, termasuk kacang Prancis, kacang polong, kacang panjang, atau kacang melengkung, tergantung di mana Anda memakannya. Ada sekitar 150 varietas kacang hijau di seluruh dunia yang hadir dalam berbagai bentuk dan warna, bahkan ungu! Meskipun penampilan kacang bervariasi, kandungan nutrisinya dan manfaat kesehatan tetap serupa.

Kacang hijau adalah sayuran serbaguna yang dapat tumbuh di berbagai iklim yang berbeda, yang telah membantu menjadikannya makanan yang populer dan dikenal secara global. Meski dipopulerkan di banyak masakan Amerika dan Eropa, mereka banyak dibudidayakan di Asia dan Afrika juga. Mereka muncul dalam beragam hidangan budaya dan menawarkan manfaat kesehatan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Mereka terbagi dalam dua kategori: “kacang pole” dan “bush beans”. Kacang polong cenderung naik seperti tanaman merambat, membutuhkan sistem pendukung untuk tumbuh dengan baik, dan sedikit lebih lambat dalam mencapai kematangan. Kacang semu lebih rendah ke tanah, tidak memerlukan dukungan, dan memiliki tingkat perkembangan yang lebih cepat, yang berarti bahwa beberapa petani dan petani dapat memiliki lebih dari satu tanaman kacang semak dalam satu musim. Penting untuk diingat bahwa kacang hijau adalah makanan mentah atau tidak matang, jadi beberapa orang lebih memilih untuk merendam atau memasak kacang sebelum memakannya, namun tidak terbukti ada dampak berbahaya dari memakan kacang hijau mentah.

Sementara banyak “kacang biasa” memiliki atribut yang sama, keduanya unik dan dipilih sesuai dengan sifat individu yang masing-masing ditawarkan oleh kacang. Kacang hijau adalah pilihan favorit di banyak budaya untuk berbagai vitamin, nutrisi, dan sifat bermanfaat yang dikandungnya.

Fakta Nutrisi Kacang Hijau

Manfaat nutrisi kacang hijau sulit untuk diperdebatkan. Kacang lezat dan renyah ini rendah kalori dan lemak dan tidak mengandung kolesterol. Kandungan serat sangat tinggi, dan juga menyediakan beberapa kebutuhan protein harian Anda. Mereka juga bertindak sebagai sumber yang mudah untuk mendapatkan vitamin seperti A, C, K, B6, dan asam folat. Dari segi mineral, kacang hijau merupakan sumber kalsium, silikon, besi, mangan, potassium, dan tembaga yang baik.

Manfaat Kesehatan Kacang Hijau

Kacang hijau memberikan banyak nutrisi disamping menjadi unsur serbaguna dan lezat dalam banyak olahan kuliner. Mari kita lihat berbagai manfaat secara rinci.

Kurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Kacang hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena tingginya kadar flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan polifenol yang biasa ditemukan pada buah dan sayuran. Mereka memiliki kadar flavonoid tinggi dan antioksidan ini memiliki sifat anti-inflamasi tertentu. Subjek uji dengan kadar flavonoid tinggi mengalami hasil anti-trombotik, mencegah pembekuan darah di arteri dan vena. Penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke umumnya disebabkan oleh aktivitas trombotik, yang berarti bahwa volume sehat kacang hijau dan flavonoid dalam makanan dapat membantu mencegah beberapa dari kondisi ini.