Langkah Menjaga Ayam Bangkok Dari Anakan Sampai Dewasa

Langkah Menjaga Ayam Bangkok Dari Anakan Sampai Dewasa

Diposting pada

Langkah menjaga ayam bangkok agar sehat. Ayam bangkok adalah ternak ayam paling banyak disukai orang-orang. Hal semacam ini karena ayam type ini populer juga akan kegagahannya yang pastinya memikat beberapa peternak ayam untuk memeliharanya ataupun membuatnya jadi type ayam aduan. Walau demikian, bila Anda tertarik beternak ayam type ini, pastinya mesti menjaga anak ayam bangkok hingga ia tumbuh besar. Begitu saat telah besar, jadi Anda juga bisa menjualnya dengan patokan harga tinggi berdasar pada mutunya.

Cara Langkah Menjaga Ayam bangkok Mudah
Langkah menjaga ayam bangkok membutuhkan sebagian bagian perlu yang perlu dikerjakan, seperti di bawah ini!

1. Persiapan Kandang Ayam

Hal pertama dalam tips menjaga ayam bangkok yakni menyiapkan kandang berlainan pada anakan serta induk ayam bangkok. Apabila Anda akan ternak ayam yang satu ini pasti mesti memisahkan kandang pada anak serta induknya sebab perawatan pada anak serta indukan dari ayam bangkok itu berlainan. Type kandang anak ayam tersebut induk ayam juga berlainan. Karenanya, Anda mesti betul-betul memerhatikan type kandang ternak yang sesuai sama supaya anak dari ayam bangkok juga tumbuh besar secara cepat serta dapat juga bertahan lama.

Mengenai anak ayam bangkok baru lahir hingga usia 3 hari umumnya masih tetap dengan keadaan rawan mati serta gawat. Karenanya, membutuhkan perawatan yang intensif supaya anak ayam bangkok tidak mati. Dalam langkah menjaga ayam bangkok terutama untuk anak ayam bangkok yang baru lahir yaitu butuh melindungi temperature kandang supaya tetaplah hangat dan sangat mungkin anak ayam lebih gampang menyesuaikan di lingkungan yang baru. Terkecuali suhu, cermati juga aliran udara pada kandang. sedetailnya mengenai kandang ayam bangkok bisa diliat di Kandang Ayam Bangkok

2. Pakan Ayam bangkok
Pemberian pakan untuk anak ayam usia 1-2 hari, baiknya cuma di beri air minum saja. Mengenai keperluan nutrisi pada ayam sendiri masih tetap dapat tercukupi dari kuning telur di bagian bulu-bulunya. Melalui usia itu, makanan ayam dapat berupa pur yang didapatkan dengan jumlah seperlunya. Untuk menghemat perawatan ayam bangkok ini, pakan pur bisa digabung bekatul lewat perbandingan sebesar 4 : 1. Baca di sini untuk sedetailnya tentang pakan ayam bangkok : Pakan Ayam Bangkok

3. Pemberian Suplemen Tambahan

Langkah menjaga ayam bangkok selanjutnya yaitu pemberian suplemen penambahan pada anak ayam berusia 1 bln.. Umumnya peternak ayam untuk aduan sendiri menggunakan kombinasi pakan dari pur dengan susu bayi lewat perbandingan sekitaran 5 : 1. Mengenai susu bubuk itu diberi untuk anak ayam yang berumur 1-4 bln. mempunyai tujuan untuk pembentukan bulu, otot, tulang dan sisi badan yang lain. Anda dapat juga sesuaikan langkah menjaga anak ayam bangkok ini berdasar pada biaya yang ada.

4. Pencabutan Bulu

Biasanya bulu-bulu dari anak ayam yang tumbuh sendiri menggunakan sangat banyak jumlah nutrisi makanan yang sudah dikonsumsinya. Oleh karena itu, apabila Anda inginkan anak ayam cepat tumbuh jadi dapat memotong dan buang beberapa bulunya itu. Mengenai sisi bulu pada ayam dipotong waktu usia 3 minggu di bagian ekor serta sayapnya. Sesaat saat usianya sudah memijak 2 bln. setelah bulu leher serta bulu punggung rontok, jadi bulu yang masih tetap tersisa juga mesti dicabut dengan selekasnya.

5. Perawatan Dengan Intensif
Langkah menjaga ayam bangkok selanjutnya untuk ayam bangkok type aduan hingga usia 6 bln. baiknya cukup dikerjakan di bagian dalam kandang. Mengenai hal itu mempunyai tujuan supaya hindari terjadinya kehilangan daya pada ayam sebab sangat banyak melakukan aktivitas. Di mana daya yang harusnya digunakan pada perkembangan badannya hilang bila ia terus-terusan diumbar. Tersebut sebagian bagian perlu dalam langkah menjaga ayam bangkok terutama mulai dari anakan hingga usia ayam bangkok berumur dewasa.