Anorexia Nervosa Akibat Dari Alur Makan Yang Menyimpang

Anorexia Nervosa Akibat Dari Alur Makan Yang Menyimpang

Diposting pada

Hai, wanita Indonesia! Kesempatan ini Situs Kesehatan juga akan membuat kamu menyelami mengenai badanmu sendiri. Apakah anda terasa kurus, gemuk, atau umum saja? Janganlah salah ya dalam menafsirkan, umumnya sebagian wanita mengakui gemuk walau sebenarnya termasuk juga kurus.

Ngomong-ngomong standard apa yang anda pakai dalam memastikan kelompok bentuk badanmu itu? Yuk mari kita saksikan dari standard gizi yang telah pasti terpercaya ini.

Dari pengetahuan gizi, bisa di ketahui kalau langkah memastikan bentuk badanmu bisa dikerjakan lewat ukuran berat tubuh serta tinggi tubuhnmu. Langkahnya mudah cukup kalkulasi berat tubuh (dalam Kg) dibagi dengan tinggi tubuh kuadrat (dalam m). Sesudah di ketahui akhirnya, anda dapat saksikan tabel Indeks Masa Badan (IMT) atau Body Mass Index (BMI) di situs Kementerian Kesehatan.

Status Gizi IMT (kg/m2)
Begitu Kurus 17
Kurus 17 – 18, 49
Normal 18, 5 – 24, 9
Gemuk 25 – 27
Obesitas 27

Di antara kalian tentu ada yang terasa masih tetap gemuk walau sebenarnya dengan standard gizi anda telah termasuk kurus. Bila iya, anda umumnya juga akan lakukan diet-diet spesifik bukan?

Nah sesungguhnya sinyal tanda itu ada hubungannya dengan satu diantara problem gizi yakni tingkah laku makan menyimpang berkaitan dengan persepsi citra badan, populernya dimaksud Eating Disorders (ED).

Apakah itu Eating Disorders (ED)?
Eating disorders atau disingkat ED (Tingkah laku Makan Menyimpang) adalah satu fenomena yang cukup popular di kelompok remaja serta wanita muda di negara barat seperti Amerika serta Eropa. Fenomena yang ramai berlangsung diluar ini saat ini telah mulai merambat ke negara Asia termasuk juga Indonesia lho.

Berdasar pada riset, di ketahui kalau fenomena eating disorders juga telah terdeteksi di negara seperti Korea, Hongkong, Singapura bahkan juga Cina serta Filipina. Meski begitu, riset pada fenomena ini belum juga banyak dikerjakan hingga data yang ada masih tetap terbatas.

Jika ditelaah lebih jauh, Anoreksia Nervosa (AN) adalah satu diantara bentuk eating disorders yang banyak berlangsung di remaja serta wanita muda Indonesia.

Anorexia nervosa yaitu problem keadaan kesehatan mental yang serius terkait dengan kecenderungan untuk menjaga berat tubuh serendah mungkin saja dari berat normal seorang.

masalah makan aneroxia nervosa
Aneroxia Nervosa contoh
Riset tunjukkan besaran masalah anorexia nervosa di Jakarta telah menjangkau 37, 3%. Berdasar pada riset di ketahui kalau anorexia nervosa umumnya mewabah di kelompok wanita umur 15-24 th., tetapi tidak tutup peluang untuk kelompok dewasa muda diatas 25 th..
Terkecuali banyak terkena oleh wanita, kurang lebih sinyal anorexia nervosa yang beda apa ya?

Tanda-tanda seorang menanggung derita anorexia nervosa diantaranya :

Berat tubuh begitu rendah dibawah berat normal
Pembatasan konsumsi makanan lewat cara melupakan makan, makan sedikit serta menampik makanan berlemak
Mempunyai obsesi besar pada perhitungan kalori badan
Menginginkan kurus serta tidak ingin memonitor berat tubuh ideal
Ketakutan yang begitu besar pada menambahkan berat tubuh
Penyimpangan pada citra badan serta keyakinan diri karna persepsi berat tubuh
Penyangkalan yang serius mengenai bentuk badan
Bercermin berkali-kali untuk lihat bentuk badan
Terganggunya siklus menstruasi pada wanita serta wanita dewasa
Lantas apa hubungan citra badan dengan anorexia nervosa? Kenapa ke-2 hal tersebut terkait? Bagaimana dapat?

Anorexia nervosa bisa di pengaruhi oleh bermacam aspek, diantaranya hasrat untuk jadi prima, pemikiran sosial orang-orang sekitaran, keyakinan diri rendah, serta ketidakpuasan pada citra badan. Seperti yang telah disinggung terlebih dulu, citra badan terkait nih dengan terjadinya anorexia nervosa.

Lalu apa hubungan?

Citra badan adalah rencana kompleks yang memengaruhi bagaimana seorang terasa serta memperlakukan dianya, dibuat dalam fikiran seorang dan bisa berbentuk penilaian positif atau negatif. Umur remaja adalah umur gawat mengembangnya penilaian pada citra badan, terutama yang berlangsung pada remaja wanita. Masalah pada citra badan diakui jadi aspek kemungkinan berkembanganya satu diantara panyimpangan tingkah laku makan yakni anorexia nervosa.

Kekeliruan persepsi pada ukuran badan adalah inti terjadinya anorexia nervosa lewat dua hal. Yang pertama kekeliruan persepsi pada lebar atau kedalaman dibagian badan spesifik seperti muka, pipi serta pinggul. Ke-2, kekeliruan persepsi pada semua ukuran badan. Hal semacam ini bisa dipicu oleh perubahan mood yang negatif, lihat tokoh wanita kururs lewat media dan perasaan sudah makan terlalu berlebih.

Diluar itu, dampak budaya, keluarga, serta lingkungan sosial juga jadi aspek penentu ketidakpuasan pada citra badan pada pasien anorexia nervosa. Tetapi hal itu adalah beberapa kecil dari dampak yang lain.

Dampak kognitif adalah penyebabnya paling besar terjadinya anorexia nervosa karna punya pengaruh segera pada kepribadian serta karakter emosi seperti obsesi tampak prima serta ketakutan diabaikan oleh lingkungan sosialnya. Hal semacam ini juga akan memengaruhi langkah berfikir serta langkah mengolah info mengenai perlunya melindungi tampilan fisik dengan cara yang salah, seperti pembatasan alur makan, kesibukan fisik serta penurunan tubuh berlebihan.

Lantas anorexia nervosa juga akan beresiko apa pada kita? Pada badan kita? Bahaya tidak sich?

Penyimpangan tingkah laku makan satu diantaranya AN berikan efek yang serius untuk badan. Badan pasien AN juga akan menampik zat gizi yang semestinya di terima oleh badan hingga mengakibatkan sistem pemrosesan makanan serta pembakarannya jadi terganggu. Ditulis dari jurnal fisiologis anorexia nervosa, sebagian efek anorexia nervosa diantaranya :

Masalah System Kardiovaskular
Pasien anorexia nervosa tidak mempunyai konsumsi lemak yang cukup hingga mengakibatkan tidak ada susunan lemak membuat perlindungan jantung serta mengakibatkan peredaran darah alami penurunan. Diluar itu penurunan massa otot juga mengakibatkan otot jantung jadi lemah. Hal semacam ini bisa mengakibatkan desakan darah tidak dapat bekerja normal hingga mengakibatkan penurunan dalam sistem pernafasan.
Komplikasi System Pencernaan
Terjadinya pengosongan lambung kurun waktu yang cukup lama pada pasien anorexia nervosa yang mengakibatkan rasa kembung serta penurunan system kerja kolon yang mengakibatkan konstipasi (sulit buang air besar).
Masalah System Endokrin
Penurunan berat tubuh yang begitu mencolok beresiko pada perubahan pengeluaran hormon luteinizing hormone (LH) yang menyebablan perubahan siklus menstruasi. Diluar itu, perubahan pengeluaran gonadripin-releasing-hormone (GnRH) serta corticitropin-releasing-hormone (CRH) juga memengaruhi tingkah laku makan serta mood. Dari bagian dermatologi, perubahan kulit kepala, rambut rontok, kulit kering sampai kuku yang rapuh juga berlangsung.
Anorexia Nervosa dengan Osteoporosis
Menurut riset, osteopenia serta fraktur berlangsung pada wanita dewasa serta remaja putri yang menanggung derita anorexia nervosa kritis. Hal semacam ini berlangsung karna ada penurunan pembentukan mineral tulang serta penambahan penyerapan mineral tulang jadi tanggapan keseimbangan badan.
Sesudah ketahui sinyal tanda serta efek dari anorexia nervosa, lantas bagaimana caranya mengatasinya? Apakah pasien anorexia nervosa bisa kembali normal?

Sebagian jalan keluar pemecahan problem yang serius untuk pasien anorexia nervosa diantaranya :

Family-Based-Treatment (FBT).
Cara ini memainkan peranan orang-tua jadi fasilitator paling utama perubahan. Semuanya anggota keluarga dilibatkan serta orang-tua bertugas mengontrol alur makan serta berat tubuh anaknya. Konsentrasi paling utama penyembuhan ini mempunyai tujuan supaya pasien anorexia nervosa dapat melindungi serta mengontrol alur makan serta berat tubuh sendiri.
Maudsley-Approach-Treatment
Masih tetap fokus pada peranan keluarga, maksud paling utama dari cara ini yaitu perbaikan berat tubuh pasien anorexia nervosa. Step pertama dikerjakan perbaikan makan. Step ke-2, sesudah berat tubuh mulai kembali naik, setelah itu fokus pada pengembalian kesehatan fisik pasien anorexia nervosa dan mulai mengontrol alur makan serta berat tubuh kembali. Step ke-3 yakni dengan melibatkan semuanya anggota keluarga untuk sama-sama melindungi kesehatan dan hubungan yang baik dalam keluarga.
Nah, sesudah ketahui penjelasan mengenai anorexia nervosa, apakah anda terasa jadi satu diantara orang yang berfikiran kalau badanmu gemuk? Mari check kembali status gizimu pada standard gizi serta pelajari lebih jauh tanda-tanda anorexia nervosa. Mudah-mudahan anda bukanlah salah salah satunya!